Senin, 20 November 2017

Proses Pembuatan Kerajinan Marmer Tulungagung

Proses Pembuatan Kerajinan Marmer Tulungagung

 Proses Pembuatan Kerajinan Marmer Tulungagung - Membuat sebuah kerajinan marmer yang bisa kita gunakan, memang harus melalui proses yang cukup rumit.
Pertama- tama yang harus kita lakukan adalah mencari batunya. mencari  batu marmer adalah hal yang paling sulit, karena kita harus keluar masuk hutan untuk mendapatkan lokasi tambang yang bagus. lokasi tambang menentukan kwalitas dari bahan tersebut layak atau tidaknya untuk di buat sebuah kerajinan. tetapi hanya perusahaan- perusahaan tertentu yang sudah memiliki ijin yang bisa melakukan penambangan batu marmer ini. kalau sudah mendapatkan lokasi yang tepat batu tersebut di eksplorasi jadi bongkahan- bongkahan besar, atau sesuai dengan kebutuhan kami mau di buat kerajinan apa.
 
Penambangan Marmer Tulungagung
Penambangan Marmer




Tahap yang kedua adalah penggergajian barang. setelah mendapatkan bahan dari tambang dan kemudian dibawa ke pabrik, bahan yang berbentuk bongkahan itu digergaji menjadi bahan setengah jadi. balokan tersebut digergaji sesuai ukuran yang diinginkan, sebelumnya hal ini sudah direncanakan sebelumnya. mau jadi kerajinan apa bahan yang sudah setengah jadi ini. tahapan ini juga cukup berat karena kita harus mengangkat balokan- balokan batu yang cukup besar.


Tahapan selanjutnya adalah pemolesan marmer. setelah bahan dipotong sesuai keinginan kemudian bahan setengah jadi tersebut dipoles. pemolesan ini dilakukan agar batu marmer terlihat mengkilap  dan halus. agar selanjutnya bisa dilakukan proses selanjutnya. jika saat pelosan ada lubang- lubang yang masih terlihat. dalam proses ini juga dilakukan penutupan lubang- lubang tersebut.
Proses Poles Lantai
Proses Poles Lantai
Tahap yang terakhir adalah pembuatan atau pengerjaan kerajinan. setelah proses- proses di atas selesai dilakukan, selanjutnya adalah pengerjaan, mau di jadikan apa bahan marmer tersebut. bisa prasasti lantai, meja, wastafel, dan masih banyak yang lainnya.
demikianlah proses pembuatan kerajinan marmer mulai dari penambangan sampai menjadi sebuah kerajinan yang bisa kita gunakan sehari- hari.

2 komentar: